Benarkah Rambut Nabi Muhammad Panjang? (Gondrong)

Mungkin gak cuman ana yang pernah mendengar kalau rambut Nabi Muammad itu panjang.

lantas benarkah hal tersebut?

dan adakah hadist tentang hal tersebut?

Ternyata memang benar bahwa nabi Muhammad memiliki rambut yang panjang. Panjangnya sampai ke bahu. Hal itu diperkuat dengan adanya bukti bahwa rambut nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam memang panjang, seperti yang diberitakan berbagai media masa.


Lantas apakah ada hadist-nya?

Dari Bara’ bin Azib, dia berkata, “Aku tidak pernah melihat rambut melampaui ujung telinga seorang pun yang lebih bagus dari (rambut) Rasulullah.” Dalam suatu riwayat lain, “Rambut Rasulullah sampai mengenai kedua bahunya.” (Hr. Muslim: 2337)

Nah, cukup jelas kan hadist-nya. 😏

Mas, kalau gitu ana mau manjangin rambut ni. 😁

Lantas apakah memanjangkan rambut termasuk sunnah?

Berkaitan dengan hukum memanjangkannya, maka para ulama berbeda pendapat.

Pendapat pertama mengatakan bahwa memanjangkan rambut hukumnya sunnah.

Mereka berdalil bahwa hukum asal perbuatan nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah ibadah, sebagaimana keumuman firman Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam surat Al-Ahzab ayat 21 yang artinya: "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah."

Ayat ini menunjukkan bahwa setiap perbuatan yang dilakukan dalam rangka meniru nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam itu bagus dan dikatakan sebagai ibadah, dan ini adalah pendapat Imam Ahmad, beliau mengatakan (dalam al-Mughni: 1/119), “Hal ini (memanjangkan rambut bagi laki-laki) hukumnya sunnah. Seandainya kami mampu melakukannya, maka akan kami lakukan, tetapi ada faktor kesibukan dan biaya yang diperlukan.”

Pendapat ini dikuatkan oleh perbuatan nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam yang memanjangkan rambutnya, padahal perbuatan ini memerlukan waktu (sibuk mengurusnya) dan memerlukan biaya (untuk minyak rambut dan semisalnya). Andaikan ini bukan sunnah, maka nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak akan mau untuk bersusah payah melakukannya.

Pendapat kedua mengatakan bahwa memanjangkan rambut hukumnya mubah (boleh dilakukan dan boleh tidak).

Pendapat ini didasari oleh perintah nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada orang yang mencukur sebagian rambut anaknya dan menyisakan sebagian lainnya, beliau mengatakan, “Cukurlah semua atau jangan dicukur semua!”

Andaikan memanjangkan rambut hukumnya sunnah, maka nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak akan memerintahkan untuk mencukur, tetapi akan memerintahkan supaya dipanjangkan karena itu sunnah.

Adapun yang dilakukan oleh nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka beliau memanjangkan rambutnya karena adat-kebiasaan manusia saat itu memang demikian. Beliau tidak menyelisihi kaumnya, karena apabila beliau menyelisihi mereka dalam suatu perkara, berarti perkara itu adalah perkara yang disyariatkan (sunnah).

Akan tetapi, pada kenyataannya justru nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam menyamai mereka. Ini menunjukkan bahwa memanjangkan rambut itu mubah (boleh dilakukan dan boleh tidak dilakukan), namun bukan termasuk sunnah.

Berdasarkan uraian di atas, maka memang benar bahwa nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam memiliki rambut panjang. Terkait apakah itu sunnah atau tidak? Ana rasa hal itu tergantung bagaimana pandangan Anda karena ada dua pendapat ulama yang berbeda.

Terimakasih telah membaca, jika di rasa bermanfaat, silahkan di share ya.. 😃 #jadilahbermanfaatuntukoranglain
#Salammembaca




Pencarian Terkait:
rambut Nabi Muhammad, rambut gondrong, gonrong sunnah, sunnah, sunnah gondrog, sunnah memanjangkan rambut, jalani sunah, fakta Nabi Muhammad, rambut panjang, memanjangkan rambut, rambut keren, tren rambut, tren rambut tebaru, rambutnya Nabi.

2 Responses to "Benarkah Rambut Nabi Muhammad Panjang? (Gondrong)"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. smoga bermanfaat mas.. makasih sudah berkunjung.. :)

      Delete